Jenis DC Motor Listrik

Jenis DC Motor Listrik
Kang Jepot - Hampir setiap gerakan mekanik yang kita lihat sekarang ini dilakukan oleh motor listrik. Motor listrik mengambil energi listrik dan menghasilkan energi mekanik. Motor listrik masuk dalam berbagai peringkat dan ukuran. Beberapa aplikasi motor listrik besar meliputi lift, rolling mills dan kereta listrik. Beberapa aplikasi motor listrik kecil adalah robot, mobil dan perkakas listrik. Motor listrik dikategorikan menjadi dua jenis: Motor DC (Arus Langsung) dan Motor AC (Alternating Current). Fungsi motor AC dan DC sama dengan mengubah energi listrik menjadi energi mekanis.

Perbedaan mendasar antara keduanya adalah catu daya yang merupakan sumber AC untuk motor AC dan sumber DC seperti baterai untuk motor DC. Motor listrik AC dan DC terdiri dari stator yang merupakan bagian stasioner dan rotor yang merupakan bagian yang berputar atau angker motor. Prinsip kerja motor listrik didasarkan pada interaksi medan magnet yang dihasilkan oleh stator dan arus listrik yang mengalir di rotor agar menghasilkan putaran dan torsi rotasi.
Baca Juga Lapisan Fisik Atau Physical Layer Dalam Model OSI
Ada berbagai jenis motor DC dan semuanya bekerja dengan prinsip yang sama. Motor DC adalah aktuator elektromekanik yang digunakan untuk menghasilkan gerakan kontinyu dengan kecepatan rotasi yang terkendali. Motor DC ideal untuk digunakan dalam aplikasi dimana kontrol kecepatan dan kontrol tipe servo atau posisi diperlukan.

Seperti disebutkan sebelumnya, motor apapun terdiri dari dua bagian yaitu. stator dan rotor Berdasarkan konfigurasi dan konstruksi, ada tiga jenis motor DC: disikat motor, motor sikat dan motor servo.

Jenis motor DC

Motor dC terutama diklasifikasikan menjadi dua jenis di jalan rotor yang bertenaga. Mereka disikat motor DC dan Brushless motor DC. Seperti namanya, sikatnya ada pada motor DC yang disikat untuk memasok arus ke armature yang berputar melalui komutator sedangkan pada motor DC tanpa sikat tidak memerlukan kuas karena menggunakan rotor magnet permanen.

1. Brushed DC Motor

Pada motor jenis ini, medan magnet dihasilkan dengan melewatkan arus melalui komutator dan sikat yang berada di dalam rotor. Makanya, mereka disebut Brushed Motors. Sikatnya terbuat dari karbon. Ini bisa menjadi motor yang tereksitasi atau self-excited tersendiri.

2. Brushless DC Motor

Motor DC tanpa sikat biasanya terdiri dari rotor magnet permanen dan stator luka koil. Desain ini dengan menggunakan magnet permanen pada rotor menghilangkan kebutuhan akan kuas pada bagian rotor. Oleh karena itu, berbeda dengan motor DC disikat, jenis ini tidak mengandung sikat dan oleh karena itu tidak ada keausan kuas karena sejumlah kecil panas dihasilkan.

0 Response to "Jenis DC Motor Listrik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel