Pengertian Direct Memory Access (DMA)

Selamat datang di Blog Kang Jepot, kali ini kita akan membahas tentang Direct Memory Access (DMA)
Pengertian Direct Memory Access (DMA)

Definisi - Apa yang dimaksud dengan Direct Memory Access (DMA)?

Akses memori langsung (DMA) adalah metode yang memungkinkan perangkat input / output (I / O) untuk mengirim atau menerima data secara langsung ke atau dari memori utama, melewati CPU untuk mempercepat operasi memori. Prosesnya dikelola oleh sebuah chip yang dikenal sebagai DMA controller (DMAC).
Menjelaskan Direct Memory Access (DMA)
Baca Juga Mengenal Bagian komputer dan fungsinya secara lengkap
Pada komputer yang lebih tua, empat saluran DMA diberi nomor 0, 1, 2 dan 3. Bila bus ekspansi standar industri 16-bit (ISA) diperkenalkan, saluran 5, 6 dan 7 ditambahkan. ISA adalah standar bus komputer untuk komputer IBM yang kompatibel, yang memungkinkan perangkat untuk melakukan transaksi (mastering bus) dengan kecepatan lebih cepat. ISA sejak itu telah diganti dengan kartu grafis accelerated (AGP) dan kartu ekspansi interkoneksi periferal (PCI), yang jauh lebih cepat. Setiap DMA mentransfer sekitar 2 MB data per detik.

Alat sumber daya sistem komputer digunakan untuk komunikasi antara perangkat keras dan perangkat lunak. Keempat jenis sumber daya sistem adalah:

  •     Alamat I / O
  •     Alamat memori
  •     Nomor permintaan interupsi (IRQ)
  •     Saluran akses memori langsung (DMA)
Saluran DMA digunakan untuk mengkomunikasikan data antara perangkat periferal dan memori sistem. Keempat sumber daya sistem bergantung pada jalur tertentu di bus. Beberapa jalur di bus digunakan untuk IRQ, beberapa untuk alamat (alamat I / O dan alamat memori) dan beberapa untuk saluran DMA.

Saluran DMA memungkinkan perangkat untuk mentransfer data tanpa membeberkan CPU ke beban kerja yang berlebihan. Tanpa saluran DMA, CPU menyalin setiap data dengan menggunakan bus periferal dari perangkat I / O. Menggunakan bus perifer menempati CPU selama proses baca / tulis dan tidak memungkinkan pekerjaan lain dilakukan sampai operasi selesai.

Dengan DMA, CPU dapat memproses tugas lain saat transfer data dilakukan. Transfer data pertama kali diprakarsai oleh CPU. Selama transfer data antara saluran DMA dan perangkat I / O, CPU melakukan tugas lainnya. Ketika transfer data selesai, CPU menerima permintaan interupsi dari pengontrol DMA.

0 Response to "Pengertian Direct Memory Access (DMA)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel