Menyebabkan Besarnya Tagihan Listrik, Inilah Daftar Alat Elektronik dengan Daya Listrik yang Tinggi

Inilah Daftar Alat Elektronik dengan Daya Listrik yang Tinggi – Tagihan listrik sudah menjadi salah satu pengeluaran rumah tangga yang paling fluktuatif. Tak jarang turun, namun seringnya meningkat, sehingga mengharuskan untuk merogoh kocek lebih untuk membayarnya. Jumlah alat elektronik dan daya yang digunakannya, sangat berpengaruh terhadap total penggunaan kenaikan tagihan listrik. Dapat berpotensi fatal pada tagihan listrik rumah Anda, jika dalam penggunaan alat elektronik yang terdapat di rumah Anda tidak sesuai dengan yang seharusnya.

Menyebabkan Besarnya Tagihan Listrik, Inilah Daftar Alat Elektronik dengan Daya Listrik yang Tinggi

Berikut ini akan dibahas mengenai beberapa alat elektronik dengan daya listrik yang tinggi, dan dapat menyebabkan besarnya tagihan listrik Anda. Berikut penjelasannya

Rice Cooker atau Alat Penanak Nasi


Pemilihan rice cooker yang baik tidak hanya dilihat dari kualitas dan fiturnya. Rice cooker yang baik haruslah memberikan daya listrik yang tidak terlalu besar, sehingga dapat membantu Anda dalam penghematan listrik. Anda juga harus menyesuaikan dengan kebutuhan, agar sedikitnya dapat mengurangi beban tagihan listrik. Jika jumlah orang yang tinggal di rumah Anda tidak terlalu banyak, tidak perlu memaksakan untuk membeli rice cooker yang besar. 

Salah satu kesalahan yang sering kali dilakukan oleh seorang ibu rumah tangga, yaitu memanaskan nasi sepanjang waktu. Untuk menghangatkan nasi sebenarnya tidak perlu selalu standby pada posisi warm. Jika sudah dekat pada waktu makan, barulah colokan kembali rice cooker untuk menghangatkan nasinya. 

Lampu


Alat elektronik dengan daya listrik yang tinggi yang selanjutnya yaitu lampu. Bagi Anda yang tidak pandai dan bijak dalam penggunaannya, lampu akan menjadi penyebab utama besarnya tagihan listrik Anda. Rekomendasi jenis lampu yang dapat menghemat listrik dan tentunya dapat membantu meringankan biaya tagihan listrik, yaitu lampu yang berjenis LED (Light Emitting Diode). Hal ini karena LED mampu menahan panas yang sama dengan lampu biasa, namun dengan daya listrik yang lebih, sehingga dapat lebih menghemat listrik.

Tata letak dari penempatan lampu Anda pun sebenarnya berpengaruh. Bagi Anda yang memiliki ruangan yang cukup besar dan dengan paparan sinar matahari yang cukup, letakanlah lampu di tempat-tempat yang memang membutuhkan penerangan tambahan. Dengan begitu, listrik akan lebih hemat dan beban biaya tagihan listrik akan lebih ringan.  

Lemari Es atau Kulkas


Sudah tidak asing lagi jika lemari es menjadi salah satu alat elektronik dengan daya listrik yang tinggi karena harus dinyalakan setiap saat. Walaupun demikian, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan dalam penggunaan lemari es agar lebih hemat. 
  • Tidak dianjurkan untuk memasukan makanan atau minuman panas
  • Barang-barang tidak penting seperti botol kosong, lebih baik tidak disimpan di dalam lemari es
  • Bersihkan kondensor secara rutin dan teratur


Alat Setrika


Salah satu kesalahan yang umum dalam penggunaan setrika yaitu menggunakan setrika dengan satu tingkat panas untuk semua jenis baju. Perlu diketahui, setiap jenis pakaian memerlukan tingkat panas yang berbeda. Dengan menggunakan alat setrika pada tingkat yang paling panas, tentu akan menyerap daya listrik lebih banyak.

Cara menghemat dari penggunaan alat elektronik dengan daya listrik yang tinggi ini bisa dengan cara memilah pakaian berdasarkan jenis bahannya. Dengan demikian, waktu Anda menyetrika akan lebih efektif dan efisien karena pakaian Anda sudah dipilah. Ketika sudah tidak dipakai, segera cabut.

Pendingin Ruangan/ AC


Baca Juga
Untuk meminimalisir penggunaan listrik dari pendingin ruangan atau AC, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini
  • Lakukan pengaturan suhu sesuai dengan kebutuhan. Sebisa mungkin atur suhu sampai batas minimal 22 derajat, karena AC akan bekerja sesuai pada suhu ruangan yang menyentuh angka yang diatur. Perlu diketahui, AC akan bekerja lebih keras dan lambat jika suhu yang diatur dibawah 22 derajat
  • Gunakan alat elektronik dengan daya listrik yang tinggi ini dengan kekuatan yang setara dengan luas ruangan
  • AC sebaiknya digunakan pada ruangan yang tidak sedikitpun mendapatkan udara dari luar agar ruangan lebih cepat dingin.
  • Rawat dan bersihkan secara rutin


Televisi


Televisi bisa menjadi penyebab besarnya tagihan listrik, jika Anda tidak bisa menggunakannya secara bijak. Gunakan televisi sebagai media hiburan dikala Anda suntuk saja. Hal tersebut karena pada era digital ini, televisi tidak lagi menjadi satu-satunya media elektronik yang menjadi sumber informasi. Hal inilah yang menyebabkan Anda disarankan hanya menggunakan televisi hanya pada waktu tertentu saja. Alat elektronik dengan daya listrik yang tinggi ini dapat diminimalisir dengan cara ini. Bahkan hiburanpun bisa Anda dapatkan pada alat elektronik lainnya selain televisi.

Perawatan yang tepat pada setiap alat elektronik yang disebutkan tadi, tentu berbeda-beda. Meskipun tampak memerlukan banyak tenaga, seiring berjalannya waktu Anda akan terbiasa. Setidaknya, perawatan ini juga akan menyelamatkan isi dompet Anda. Semoga pembahasan mengenai alat elektronik dengan daya listrik yang tinggi diatas dapat bermanfaat bagi Anda, bila anda mengalami gangguan kelistrik atau masalah lain bisa menggunakan jasa tukang-listrik.com

0 Response to "Menyebabkan Besarnya Tagihan Listrik, Inilah Daftar Alat Elektronik dengan Daya Listrik yang Tinggi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel