Dampak Buruk Mati Lampu yang Tak Terduga

Dampak Buruk Mati Lampu yang Tak Terduga - Listrik merupakan salah satu energi yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari urusan dapur, kantor hingga gadget yang biasa digunakan tentunya tidak akan berfungsi tanpa adanya energi listrik. Banyak peralatan yang biasa digunakan sehari-hari membutuhkan listrik contohnya kulkas, rice cooker, blender, televisi, smartphone, laptop dan lain-lain.

Dampak Buruk Mati Lampu yang Tak Terduga

Listrik di era modern ini sangat membantu masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Jangankan sehari, beberapa jam saja mati listrik tentunya akan merasa sedikit sepi, kecewa bahkan kesal jika saat itu akan menggunakan alat tertentu. Saat listrik padam, banyak pekerjaan yang bisa terbengkalai, mulai dari pekerjaan di rumah akan terbengkalai seperti masak nasi menggunakan alat yang membutuhkan listrik.

Belum lagi pekerjaan dikantor, bahkan pengusaha-pengusaha bisa mengalami banyak kerugian, namun untuk mengatasi itu beberapa pengusaha biasanya sudah mempersiapkan ganset-ganset untuk antisipasi adanya gangguan ataupemadaman listrik. Apalagi sekarang ini dengan kemajuan teknologi yang modern segala informasi dapat dicari melalui internet. Hanya dengan duduk di depan komputer yang terkoneksi internet saja kita sudah bisa bertransaksi dengan mudah, bisa memesan tiket pesawat, bisa membeli barang secara online, dan bisa berkomunikasi dengan teman diseluruh penjuru dunia melalui jejaring social. 

Tentunya secanggih apapun internet, mesin pencari, maupun komputer tidak bisa digunakan tanpa adanya energi listrik atau saat mati listrik. Instalasi yang baik dengan didukung alat listrik yang berkualitas sesuai dengan standar yang telah ditetapkan tentunya akan sangat diperlukan agar listrik bisa digunakan dengan aman dan nyaman. Hal ini agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti hubungan arus pendek listrik yang bisa menyebabkan terjadinya kebakaran.
Berikut tips-tips agar tetap aman dan nyaman dalam menggunakan listrik :
  • Gunakan alat-alat listrik yang sesuai dengan standar yang ditetapkan.
  • Mencabut peralatan elektronik dari stop kontak ketika tidak sedang digunakan.
  • Mematikan lampu jika sudah tidak digunakan.
  • Tidak membiarkan atau ditinggalkan begitu saja jika sedang menggunakan element pemanas.
  • Berhematlah dalam penggunaan listrik.

Pentingnya dan ketergantungannya masyarakat akan energi listrik ini tak akan pernah habis menjadi peluang bisnis yang menguntungkan saat ini. Salah satunya yaitu bisnis peralatan listrik  berkualitas dengan harga terjangkau oleh lapisan masyarakat Indonesia. Dilihat dari fenomena yang ada kebutuhan akan alat-alat listrik akan terus bertambah. Tak heran jika masyarakat akan resah jika terjadi mati listrik.

Dalam suatu kasus kebakaran, salah satu tempat kejadiannya pemilik usaha meninggal dunia dan satu lainnya mengalami luka bakar pada tubuh. Kasus kebakaran ini merupakan satu dari sejumlah insiden menakutkan yang terjadi akibat listrik yang padam atau mati.

Berikut ini 4 insiden menakutkan yang terjadi akibat listrik yang mati:

Terjebak dalam Lift

Salah satu risiko yang dihadapi oleh sejumlah orang apabila mati lampu adalah bisa saja terjebak dalam lift. Kita tentu tidak tahu kapan dan dimana lampu akan mati. Tapi, kasus ini kerap menjebak orang dalam kurun waktu cukup lama. Misalnya kasus mati lampu di daerah New York pada Juli 1977.

Akibat mati lampu dan kebakaran, petugas kebakaran tentunya harus menolong sejumlah orang yang terjebak di dalam lift. Tak hanya menyebabkan sejumlah orang terjebak di dalam lift, insiden mati listrik juga bisa menyebabkan sejumlah orang gagal nonton broadway dan pertunjukkan lainnya.

Meninggal di Rumah Sakit


Hal yang perlu diantisipasi dari insiden mati lampu adalah keselamatan seseorang yang di rawat di rumah sakit. Di negara Venezuela misalnya, akibat pemadaman listrik, sekitar 15 pasien yang gagal ginjal pun dilaporkan meninggal dunia. Sebanyak anak bayi yang baru lahir juga bisa meninggal dunia akibat pemadam listrik. Hal semacam ini tentu harus diantisipasi sehingga tidak memakan korban.

Penjarahan


Risiko lain yang tak kalah mengerikan adalah kasus penjarahan selama mati lampu berlangsung. Sejumlah oknum yang tidak bertanggungjawab tentu akan mengambil kesempatan saat mati listrik. Kasus seperti ini pernah terjadi pada insiden mati lampu di New York City tahun 1977. Saat itu, penjarahan sejumlah toko terjadi hanya beberapa menit setelah mati lampu, seperti dikutip laman New York Post.

Kehabisan Air


Pada pemadaman lampu di Venezuela, berdampak pada krisis air juga jadi permasalahan. Air bersih sulit didapat karena listrik tidak ada. Pompa di Venezuela tidak berfungsi seperti biasanya. Padahal sejumlah pejabat di Negeri Kaya Minyak ini sudah menjamin bahwa air akan baik-baik saja. Dari banyaknya pompa air, hanya 100 - 1.800 yang dapat berfungsi. Menteri Informasi Jorge Rodriguez pun mengatakan di televisi bahwa pemerintah akan terus secepatnya menangani situasi ini.

Penutup


Demikianlah ulasan mengenai berbagai dampak buruk saat terjadi mati lampu. Anda perlu tetap waspada keamanan terutama lilin atu lentera yang digunakan untuk mengantikan lampu. Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat. 

0 Response to "Dampak Buruk Mati Lampu yang Tak Terduga"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel