Listrik Sistem Prabayar Disosialisasikan PLN Untuk Mengganti Sistem Pascabayar, Mana Yang Lebih Baik?

Listrik Sistem Prabayar Disosialisasikan PLN Untuk Mengganti Sistem Pascabayar, Mana Yang Lebih Baik? - Listrik merupakan salah satu bagian penting dalam kehidupan masyarakat saat ini. Segala bentuk kegiatan sehari-hari tidak akan terlepas satu hal ini. Seiring dengan penggunaan yang sudah menjadi mayoritas hingga saat ini, membuat pihak PT Perusahaan Listrik Negara atau PLN memberikan pilihan baru kepada masyarakat terkait sistem pembayaran dengan tujuan agar mengarahkan masyarakat lebih menghemat listrik.

Listrik Sistem Prabayar Disosialisasikan PLN Untuk Mengganti Sistem Pascabayar, Mana Yang Lebih Baik?

Sebelum adanya perubahan, pengguna terbiasa dengan sistem pembayaran pascabayar, namun saat ini setiap rumah di beberapa daerah sudah beralih dengan sistem prabayar. Diantara keduanya, yang manakah yang lebih baik atau lebih hemat? Berikut adalah beberapa penjelasan mengenai keduanya, bagaimana perbedaan keduanya, serta bagaimana keuntungan ataupun kerugian yang akan didapat dari sistem pembayaran keduanya.

Listrik Prabayar


Listrik sistem prabayar merupakan salah satu program baru yang diselenggarakan oleh PLN yang sedang gencar-gencarnya disosialisasikan sebagai program pemasangan KWH meteran listrik sistem pulsa atau listrik prabayar. Saat ini hanya tersedia satu pilihan untuk setiap pemasangan listrik baru, yaitu dengan listrik pulsa atau prabayar.

Bagaimana sistem prabayar itu digunakan? Sebagaimana halnya untuk telpon genggam, untuk listrik prabayar pun harus membayar atau membeli terlebih dahulu, baru listrik dapat digunakan kemudian. Adapun jumlah besaran penggunaan listrik selanjutnya tentunya sesuai dengan jumlah pembelian voucher. Misalkan Anda membeli voucher listrik sejumlah Rp. 100.000, maka listrik sistem prabayar yang akan digunakan hanya sebatas itu.

Listrik pun akan otomatis mati saat pulsa listrik sudah habis, dan Anda pun harus melakukan hal serupa seperti sebelumnya yaitu membeli voucher pulsa listrik yang dapat dilakukan di minimarket, mobile banking, mesin ATM, ataupun disejumlah aplikasi e-commerce.

Adapun keuntungan menggunakan listrik prabayar adalah sebagai berikut:


  • Tidak terdapat beban minimal pemakaian ataupun beban biaya listrik bulanan. Dimana tidak ada tarif tetap untuk setiap besaran daya yang dimiliki dari pelanggan rumah tangga ataupun batasan minimal pemakaian dari setiap besaran daya pelanggan rumah tangga.
  • Memiliki sistem digital untuk KWH meter nya yang lebih akurat dibandingkan sistem analog.
  • Listrik sistem prabayar menjamin privasi karena tidak akan dikunjungi oleh pencatat meter dari PLN.   
  • Penggunaan menjadi lebih terkontrol, dimana memang tujuan pengadaan sistem ini adalah untuk lebih berhemat.   
  • Tidak dikenai tarif pemakaian minimum pada golongan tarif tertentu.
  • Layanan untuk pembelian voucher pulsa listrik lebih luas dan banyak, bahkan sudah terdapat dipenjual pulsa telpon genggam.
  • Meminimalisir resiko kebakaran rumah akibat konsleting listrik, karena apabila masalah dengan kabel listrik maka KWH meter sistem prabayar akan memberikan indikator bahwa ada yang salah dengan instansi kabel dalam rumah.
  • Tidak turut menaikkan nilai KWH  ketika pemerintah menaikkan tarif dasar listrik.
  • Tidak mungkin ada kelebihan atau keuntungan apabila tidak ada kekurangan atau kerugian, berikut adalah kekurangan atau kerugian menggunakan listrik sistem prabayar.
  • Beberapa golongan tarif dengan daya tertentu memiliki harga yang lebih mahal.
  • Pembelian pulsa listrik menjadi tidak periodik karena tergantung pada pemakaian.
  • Apabila pulsa listrik habis maka listrik tentunya akan padam. Bagi yang tidak memasang alarm ketika kWh tersisa 10 kWh, maka akan cukup bingung antara pemadaman lampu ataukah karena pulsa yang habis.

Listrik Pascabayar


Baca Juga 
Jika prabayar mengharuskan pelanggannya untuk membeli terlebih dahulu baru dapat digunakan, berbeda dengan listrik pascabayar yang merupakan kebalikannya. Anda sebagai pelanggan dapat menggunakan sepuasnya dengan biaya yang akan ditagihkan setiap bulannya. Sama halnya dengan prabayar, listrik pascabayar pun dapat dibayar ditempat-tempat serupa dengan penjualan listrik sistem prabayar.

Bagaimana dengan keuntungan menggunakan listrik pascabayar, berikut adalah beberapa diantaranya.

  • Tidak perlu bolak-balik beli voucher untuk isi daya.
  • Tidak perlu takut sewaktu-waktu  listrik akan mati karena kehabisan pulsa.
  • Adapun kerugiannya adalah sebagai berikut.
  • Pemakaian yang melampaui batas akan membuat tagihan membengkak.
  • Terdapat denda atau sanksi pemadaman listrik  untuk keterlambatan pembayaran.
  • Privasi berkurang, dengan petugas PLN yang masuk area rumah. Hal ini pun kerap dimanfaatkan sebagai tindak kejahatan oleh pihak tidak bertanggung jawab yang mengatas namakan petugas PLN.
Adapun alasan pihak PLN lebih menyarankan masyarakat pengguna baru untuk mengganti listrik sistem pascabayar dengan listrik sistem prabayar adalah untuk lebih mempermudah pihak PLN dalam mengatasi penggunaan listrik oleh masyarakat yang terkadang banyak yang tidak sesuai dengan batas maksimal penggunaan ditambah dengan pembayaran yang kerap tidak tepat waktu.

Disamping itu, pihak PLN pun menjadi tidak perlu merekrut banyak orang sebagai petugas pencatat meter listrik yang akan datang dari rumah ke rumah, hal ini pun diakui cukup memudahkan bagi para pelanggan. Namun pilihan tetap kembali kepada para pelanggan listrik, apakah lebih nyaman dengan listrik pascabayar ataukah lebih mudah dengan listrik sistem prabayar.

0 Response to "Listrik Sistem Prabayar Disosialisasikan PLN Untuk Mengganti Sistem Pascabayar, Mana Yang Lebih Baik?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel