Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Anda Boros Listrik? Ini Dampak Buruk Permborosan Listrik yang Harus Anda Waspadai!

Anda Boros Listrik? Ini Dampak Buruk Permborosan Listrik yang Harus Anda Waspadai! - Kita memahami bahwa listrik adalah bagian dari sumber kehidupan. Sebab mengingat hampir semua kebutuhan pokok kita butuh terhadap energi listrik. Misalnya, ketika ingin menanak nasi, mau menghaluskan bumbu dengan blender, untuk bekerja di malam hari yang membutuhkan penerangan dari lampu dan masih banyak lagi kegunaan listrik untuk kehidupan kita sehari-hari.

Anda Boros Listrik? Ini Dampak Buruk Permborosan Listrik yang Harus Anda Waspadai!

Walaupun listrik sangat kita butuhkan keberadaannya dalam hidup kita, jangan jadikan listrik sebagai mara bahaya besar terhadap kehidupan kita. Listrik bisa saja tidak lagi berfungsi sebagaimana mestinya jika kita boros menggunakan energi listrik. Waspadai dampak buruk dari pemborosan listrik. Jangan sampai kita menggunakan listrik secara berlebihan.

Berikut ini dampak buruk yang akan menimpa jika kita tidak mempergunakan daya listrik sebagaimana mestinya;

Suhu Global akan Meningkat 


Siapa yang kuat dengan suhu panas menyengat? Tentu kita pasti tidak menyukai suhu yang panas, karena suhu panas membuat aktivitas kehidupan kita sehari-hari terganggu. Kulit serasa terbakar, gerah yang tiada hentinya. Cukup menyebalkan bukan?

Nah, listrik jika kita gunakan secara berlebihan akan menyebabkan suhu global itu meningkat. Panas energi listrik yang belama-lama kita gunakan atau penggunaan listrik yang melampaui batas kewajaran akan membuat suhu sekitar panas. Itulah sebabnya mengapa kita sering merasakan gerah atau kepanasan berlebihan berada di dalam rumah.

Menyebabkan Cuaca Menjadi Ekstrim


Sebab suhu global sudah panas akibat pemborosan listrik secara terus menerus cuaca ekstrim pun akan terjadi.

Tau akibatnya kalau sudah cuaca ekstrim itu terjadi? Kita pasti kewalahan, ekonomi pasti akan terus menurun, tanaman kita menjadi rusak. Kita tidak mau kan... semua itu terjadi? Mulai sekarang berhematlah menggunakan listrik, pergunakan listrik sesuai dengan kebutuhan. Jangan coba-coba menyalakan lampu rumah seharian untuk beradu cahaya dengan matahari karena itu akan membuat cuaca baik menjadi ekstrim.

Menyebabkan Darurat Listrik 


Selain kita yang rugi generasi kita juga rugi. Darurat listrik akan terjadi apabila kita terus boros dalam penggunaan daya listrik. Cadangan listrik di masa depan akan berkurang dan terus berkurang hingga sampai pada titik darurat listrik. 

Pemadaman Bergilir akan Terjadi


Ruangan gelap pada malam hari tentu akan membuat kita kesulitan beraktifitas pada waktu malam. Kita akan merasa gelisah akan hal itu, apalagi kalau misal tidak ada air. Air juga dibangkitkan oleh tenaga listrik. Bisa jadi kita bukan hanya ditimpa kegelapan di malam hari, kita bisa tidak mandi berhari-hari sebab sudah tidak ada air bahkan kelaparan pun pasti akan terjadi sebab memasak juga butuh air.

Artikel terkait

Pihak pemberdayaan listrik melakukan pemadaman bergilir secara sepihak yang demikian sebagai  upaya untuk menghemat listrik, sekaligus pelajaran buat kita yang pemborosan listrik. Supaya kita tidak lagi main-main terhadap himbauan penghematan listrik dan lebih mewaspadai lagi terkait dampak buruknya.

Pengeluaran yang Semakin Membengkak


Kita menyalakan lampu, menanak nasi, mandi dan segala aktivitas kita yang mempergunakan energi listrik tentu itu tidak gratis dan kondisi ini kita sama-sama menyadarinya. 

Penggunaan daya listrik yang berlebihan akan menyebabkan tagihan penggunaan listrik semakin meningkat. Tidak sedikit hal ini berdampak pada pengeluaran kita sehari-hari. Biasanya uang sekian bisa kita sisihkan untuk keperluan lain, malah kita gunakan untuk membayar tagihan listrik. 

Jadi, kita harus bersungguh-sungguh mewaspadai dampak buruk dari pemborosan listrik di atas. Karena nyawa kita bisa saja terancam akibat berlebih-lebihan mempergunakan daya listrik.

Post a Comment for "Anda Boros Listrik? Ini Dampak Buruk Permborosan Listrik yang Harus Anda Waspadai! "