Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara Mengatasi Nyeri Haid, Ampuh Bikin Anda Semangat Lagi Beraktivitas

Kangjepot.com - 7 Cara Mengatasi Nyeri Haid, Ampuh Bikin Anda Semangat Lagi Beraktivitas - Hal paling membuat wanita kesal adalah ketika nyeri haid menyerang. Segala aktivitas penting serasa harus ditinggalkan. Tentu masalah ini sangat mengganggu kestabilan gaya hidup Anda dan perlu segera diatasi.

7 Cara Mengatasi Nyeri Haid, Ampuh Bikin Anda Semangat Lagi Beraktivitas

Jika masalah ini menimpa Anda, tidak perlu khawatir. Di sini penulis akan berbagi 7 cara mengatasi nyeri haid yang paling ampuh buat Anda semangat lagi menjalankan aktivitasnya. Nah, berikut ini tips jitunya:

Perbanyak Konsumsi Air Putih Hangat


Tipe wanita tidak suka air hangat, mulai sekarang belajarlah menyukai air putih hangat. Selain cara pertama ini mudah didapat, air hangat sangat praktis dijadikan obat nyeri haid.

Hasil kerjanya memang tidak instan seperti yang Anda harapkan. Tapi setidaknya perlahan bisa mengurangi perut kembung dan nyeri haid di perut. 

Langkah untuk mencoba tips pertama ini, Anda tinggal membawa sebotol air hangat ketika ingin beraktivitas. Jika sempat tambahkan perasan air lemon untuk antisipasi mood berubah ubah bahkan kadang sering hancur ketika masa haid tiba.

Kompres dengan Air Hangat


Cara selanjutnya Anda bisa mengompres perut bagian perut yang nyeri dengan air hangat. Cara ini juga cukup efektif dalam mengurangi nyeri haid, karena mengompres perut bagian bawah dengan air hangat bisa membuat otot rahim lebih rileks. Untuk melakukan pengompresan Anda bisa memasukkan air hangat dalam botol atau dengan menyelupkan handuk pada air hangat.

Menggunakan Minyak Esensial pada Bagian Perut


Sama halnya dengan tips yang dianjurkan Halodoc. Minyak  esensial yang dioleskan pada bagian perut bawah merupakan cara mengatasi nyeri haid. Minyak esensial tersebut terdiri dari olahan cengkeh, lavender dan kayu manis.

Lakukan Olahraga Ringan


Males gerak biasanya efek negatif yang akan didapat bila wanita datang bulan. Nah, jika masalah ini datang pada Anda. Jangan biarkan efek males gerak ini terus menerus menguasai Anda. Rasa nyeri di perut menjadi semakin kuat dan aktivitas harian Anda pun juga akan terganggu.

Tidak mau kan hal ini terjadi? Coba deh lakukan olahraga ringan seperti melakukan peregangan dan jalan santai atau lari-lari kecil untuk melawan mager saat haid ini. Cara ini juga bisa memproduksi hormon endorfin yang bisa mengurangi nyeri haid. 

Konsumsi Jamu Kunyit Asam


Cara mengatasi nyeri haid yang satu ini bagus banget buat Anda yang suka konsumsi jamu. Khususnya jamu kunyit asam. Karena jamu ini cukup ampuh kurangi nyeri haid.

Kandungan kurkuma pada kunyit bekerja cepat dalam menghambat produksi prostaglandin berlebih dalam rahim alias perut bagian bawah letak rasa nyeri haid yang Anda rasakan sekarang.

Artikel Terkait


Pijat pada Bagian Perut Bawah


Memberikan pijatan pada perut bagian bawah dengan minyak esensial atau aromaterapi lainnya sangat membantu meredakan nyeri haid berlebih. Tujuan melakukan pijatan lembut di area perut ini tidak lain untuk menenangkan otot-otot panggul sehingga nyeri perlahan bisa mereda. 

Konsumsi Obat Pereda Nyeri


Praktisnya, Anda bisa coba obat pereda nyeri. Misalnya, paracetamol. Walaupun cara ini tidak dianjurkan untuk dilakukan saat tiap kali tiba haid. 

Sebab, tentu Anda jauh lebih mengenal setiap obat pasti memiliki efek samping. Jadi, untuk menjaga kesehatan tubuh jangka panjang Anda, sebaiknya jangan terlalu sering mengonsumsi obat pereda nyeri atau bila Anda ragu bisa konsultasi terlebih dahulu ke dokter sebelum mengonsumsinya.

Inilah 7 cara mengatasi nyeri haid berlebih yang bisa membangkitkan semangat aktivitas harian Anda. Selamat mencoba...

Post a Comment for "7 Cara Mengatasi Nyeri Haid, Ampuh Bikin Anda Semangat Lagi Beraktivitas"