Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Penyebab Menstruasi Tidak Teratur Ini Penting untuk Anda Ketahui!

Kangjepot.com - 5 Penyebab Menstruasi Tidak Teratur Ini Penting untuk Anda Ketahui! - Sebagian besar orang beranggapan bahwa seorang wanita yang terlambat datang bulan sering dikaitkan dengan kehamilan. padahal terlambat datang bulan tidak selamanya disebabkan oleh kehamilan.

5 Penyebab Menstruasi Tidak Teratur Ini Penting untuk Anda Ketahui!

terdapat banyak faktor yang menyebabkan menstruasi seorang perempuan terlambat atau tidak sesuai dengan siklus menstruasi yang seharusnya. Perlu diketahui proses ovulasi pada umumnya terjadi setiap 28 hari. Jika tidak terjadi pembuahan oleh sperma pada sel telur, perempuan tentu akan mengalami menstruasi. Hal tersebut mungkin yang menjadi salah satu alasan mengapa keterlambatan datang bulan sering dikaitkan dengan kehamilan.

Jarak normal dari perubahan periode menstruasi pada wanita biasanya selama 5 hari. seorang wanita yang mengalami menstruasi diluar rentang waktu tersebut maka dapat dikatakan memiliki jadwal menstruasi yang tidak teratur. Beberapa penyebab menstruasi tidak teratur tersebut antara lain : 

Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS)


Anda mungkin sering mendengar istilah sindrom ovarium polikistik atau PCOS. Perlu di ketahui, PCOS menjadi salah satu pemicu dari tidak teraturnya siklus menstruasi. PCOS sendiri merupakan sebuah kelainan pada sistem metabolisme tubuh dan hormon. Kelainan ini akan mengganggu fungsi indung telur. 

Gangguan pada fungsi indung telur akan menyebabkan tidak teraturnya periode menstruasi pada seorang wanita. Hingga saat ini, penyebab dari pcs ini belum bisa diketahui secara pasti. Namun, menurut penelitian medis dugaan terkuat dari munculnya kelainan ini sering diikuti dengan kondisi lain seperti resistensi insulin atau sindrom metabolik.

Gangguan Tiroid


Seperti yang terlihat pada namanya, penyebab menstruasi tidak teratur ini terjadi pada kelenjar tiroid. Kinerja kelenjar tiroid yang terganggu tentu akan berimbas pada terganggunya siklus menstruasi. Beberapa gejala yang sering terjadi pada seorang wanita yang mengalami kelenjar tiroid adalah mengalami kerontokan rambut berat badan yang naik ataupun turun secara drastis, mudah lelah dan menstruasi yang lebih banyak dari biasanya. 

Tidak Adanya Keseimbangan Hormon


Salah satu penyebab dari tidak teraturnya menstruasi pada wanita adalah ketidakseimbangan hormon. Dalam hal ini, hormon yang dimaksud adalah hormon estrogen dan hormon progesteron. 

Hormon esterogen akan mempengaruhi kesuburan dan siklus haid. Sedangkan hormon progesteron akan membantu mengatur siklus menstruasi dan mempersiapkan terjadinya kehamilan. yang menjadi penyebab menstruasi tidak teratur adalah gangguan pada salah satu hormon tersebut. Penyebab gangguan hormon tersebut adalah perubahan berat badan dan gangguan pikiran atau stres.

Amenorrhea


Penyebab menstruasi tidak teratur ini mungkin akan cukup asing. Amenorrhea merupakan salah satu gangguan reproduksi yang akan dialami oleh seorang wanita. Gangguan ini biasanya ditandai dengan tidak terjadinya menstruasi pada periode menstruasi yang seharusnya. 

Gangguan amenorrhea memiliki dua jenis yaitu primer dan sekunder. Amenorrhea primer merupakan sebuah kondisi ketika seorang wanita belum pernah mengalami menstruasi pada usia yang sudah lewat dari 16 tahun.

Artikel Terkait


Sedangkan amenorea sekunder akan dialami oleh seorang wanita subur namun tidak mengalami haid selama tiga sampai enam bulan dari haid terakhir. Untuk mengatasi gangguan ini, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter atau bidan yang anda percayai mampu memberikan solusi. 

Pola Hidup


Jika Anda mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur, memperbaiki pola hidup sehari-hari menjadi salah satu langkah yang paling efektif untuk mengembalikan keteraturan siklus menstruasi. Salah satunya adalah dengan melakukan olahraga yang sewajarnya saat melakukan program penurunan berat badan atau diet. 

Penutup


Itulah beberapa penyebab menstruasi tidak teratur yang penting untuk Anda ketahui. Dapat dibuktikan bahwa terlambatnya menstruasi tidak selalu disebabkan oleh kehamilan. Jika Anda sering mengalami terlambat datang bulan yang disertai dengan gejala yang mengarah pada penyakit, segera periksakan pada dokter atau bidan yang Anda percayai.

Post a Comment for "5 Penyebab Menstruasi Tidak Teratur Ini Penting untuk Anda Ketahui!"