Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips dan Cara Daftar Google Adsense

Tips dan Cara Daftar Google AdsenseDi zaman serba digital seperti saat ini, menghasilkan uang dari internet bukanlah hal yang mustahil. Ada banyak platform yang bisa dimanfaatkan sebagai ladang uang. Salah satu adalah Google Adsense. Tapi masalahnya banyak yang tak paham cara daftar Google Adsense yang benar agar cepat diterima.

Layanan periklanan yang dikembangkan oleh Google ini mulai dirilis sejak tahun 2013, dan sampai saat ini sudah dipercaya lebih dari miliaran publisher dan pengiklan dari seluruh dunia.

Boleh dibilang Adsense paling populer dari sekian layanan periklanan yang ada di internet. Selain karena diprakarsai langsung oleh Google, penghasilan yang didapat dari jaringan iklan ini juga lebih menjanjikan.

Jika Anda sedang serius di dunia blog, dan ingin menghasilkan uang dari blog yang Anda kembangkan, ada baiknya mengikuti tips dan cara daftar Google Adsense berikut ini karena dibuat berdasarkan pengalaman pribadi yang telah teruji.

Tips Daftar Google Adsense Agar Diterima


Sebelum masuk ke tahap mendaftar, ada baiknya Anda mengikuti tips daftar Google Adsense terlebih dahulu agar situs Anda dapat disetujui dengan mudah.
Usia Blog

Minimal usia blog yang berpeluang besar untuk diterima Adsense sebenarnya tidak pasti. Tapi dari pengalaman, blog umur 3 bulan lebih mudah untuk disetujui. Tapi tentu saja harus dibarengi dengan isi konten yang berkualitas dan navigasi yang jelas.

Dalam satu kesempatan, saya pernah mendaftarkan blog dengan domain blogspot yang saat itu berumur kurang dari 3 bulan. Pengunjungnya pun masih sedikit, tapi mungkin karena hoki pengajuan Adsense langsung disetujui tanpa basa-basi.

Kualitas dan Kuantitas Artikel

Ada anggapan bahwa kuantitas atau jumlah artikel tidak penting untuk daftar Adsense. Sekarang gini, kalau sudah diterima namun artikel masih sedikit, dari mana penghasilan didapat? Kuantitas dan kualitas artikel berperan penting untuk meningkatkan jumlah klik.
Jumlah Visitor

Google menyukai situs atau blog yang traffic-nya ramai. Karena dengan begitu, pengiklan akan mendapatkan insight yang bagus untuk produknya. Minimal pengunjung ketika Anda ingin daftar Adsense sekitar 500 atau 1.000 page view.

Submit Google Search Console
 
Lakukan submit pada Google Search Console setelah artikel dipublikasikan. Hal ini bertujuan untuk meyakinkan Google bahwa blog Anda aktif. Jika hal ini tidak dilakukan, sulit bagi Google untuk meninjau blog Anda.

Navigasi Blog

Dan yang terpenting jika Anda ingin menjadi publisher Adsense, pastikan navigasi blog Anda tersedia. Seperti privacy policy, disclaimer, about, contact, dan sitemap. Sedikit rahasia, jangan sampai ada tanda # yang kosong di menu navigasi maupun navigasi footer.

Rutin Posting Artikel

Selain itu dalam masa peninjauan, wajib menulis artikel secara rutin minimal 1 artikel per hari. Kalau tidak memiliki waktu, Anda bisa menyewa jasa tulis artikel dengan harga yang terjangkau. Terakhir, jika sudah diterima, terus isi blognya dengan artikel-artikel berkualitas.

Artikel Terkait

Cara Daftar Google Adsense


Setelah mengimplementasikan tips panduan di atas pada blog Anda, selanjutnya tinggal mendaftarkan blog ke Adsense. Tapi dengan syarat, semua tips sudah dijalankan dengan baik pada blog Anda. Jika dirasa semua sudah beres, silahkan ikuti panduan cara daftar Google Adsense di bawah ini.
  • Masuk ke situs https://www.google.com/adsense/start/
  • Klik “Mulai” yang berada di pojok kanan layar
  • Selanjutnya isi formulir pendaftaran yang terdiri dari URL blog, dan alamat email Anda
  • Setelah terisi semua, centang "Yes, send me customized help and performance suggestions” dan klik Save and Continue
  • Berikutnya pilih negara asal Anda, dalam hal ini Indonesia
  • Scroll layar ke bawah, centang "Tinjau dan Setujui Persyaratan dan Ketentuan Kami" dan "Ya, Saya telah membaca" dan terakhir klik "Buat Akun"
  • Setelah itu isi alamat pembayaran, dan profil Anda, pastikan alamat sesuai dengan data diri Anda
  • Jika pendaftaran sudah berhasil, Anda diminta memasang kode Adsense di bawah kode <head> pada HTML template blog dan jika sudah, klik “Selesai”

Pihak Adsense akan melakukan peninjauan pada situs Anda dalam dua atau tiga hari, dan jika disetujui akan disampaikan melalui email yang Anda daftarkan tadi.

Jika blog Anda masih blogspot disarankan ganti domain TLD COM, atau yang murah juga bisa seperti XYZ atau SITE. Karena sekarang untuk blog blogspot sulit untuk daftar Adsense, dan harus menunggu lama hingga tombol pendaftaran muncul di dashboard Blogger.

Pastikan Anda mengikuti tips dan cara daftar Google Adsense di atas dengan benar. Karena setiap tahun Google melakukan pembaruan layanan yang berimbas pada sulitnya publisher diterima oleh Adsense.

Dan jika sudah diterima, jangan lupa untuk selalu membuat konten yang berkualitas dan patuhi semua kebijakan yang diberikan oleh Google. Karena sedikit kesalahan saja, bisa berakibat fatal untuk akun Anda.

Post a Comment for "Tips dan Cara Daftar Google Adsense"