Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Cara Mengobati Amandel Secara Alami Tanpa Operasi dan Penyebabnya

Kangjepot.com - Penyakit radang amandel sejatinya dapat menyerang semua orang, baik dewasa maupun anak-anak. Biasanya ketika berobat ke rumah sakit, dokter akan menyarankan untuk dilakukannya operasi amandel atau istilah medisnya tonsilektomi kalau sudah terlalu parah.

6 Cara Mengobati Amandel Secara Alami Tanpa Operasi dan Penyebabnya

Tindakan operasi menjadi jalan terakhir jika penderita radang amandel mengalami sesak napas, terjadinya pendarahan pada amandel, terjadinya infeksi berulang, dan napas sering terhenti saat sedang tidur.

Meskipun begitu, tidak semua orang ingin dioperasi karena banyak pertimbangan, seperti rasa takut jarum suntik hingga biaya operasi yang mahal. Namun sebenarnya ada banyakcara mengobati amandel secara alami tanpa operasi.

Cara Mengobati Amandel Secara Alami

Pada dasarnya saat radang amandel terjadi, itu merupakan proses alami ketika manusia mengalami pertambahan usia sehingga terjadi penyusutan pada amandel. Dengan begitu, tindakan operasi tidak diperlukan kalau masih sebatas wajar.

Adapun gejala amandel yang paling sering dirasakan adalah tenggorokan sakit, panas di sekujur tubuh, sakit saat menelan, dan telinga terasa sakit. Menurut kedokteran, radang amandel atau tonsilitis selain karena proses pertumbuhan juga disebabkan karena bakteri dan virus berbahaya.

Nah, jika gejala yang dirasakan tidak terlalu parah, Anda bisa mengikuti panduan cara mengobati amandelsecara alami yang ampuh seperti pada langkah-langkah berikut ini.

1. Berkumur dengan Air Garam

Jika ingin mengobati amandel dengan mudah, Anda bisa menyiapkan air hangat yang telah dilarutkan dengan air garam. Setelah itu kumur-kumur dengan larutan tersebut selama lebih kurang 1 menit, dengan posisi wajah menghadap ke atas sampai airnya menyentuh amandel.

Berkumur dengan air garam bisa menjadi solusi meredakan rasa nyeri pada tenggorokan yang disebabkan amandel membengkak. Lakukan secara rutin minimal sehari dua kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Sering Minum Air Putih

Minum air putih dapat membuat Anda terhidrasi dengan baik. Yang artinya tenggorokan akan tetap basah, sehingga rasa sakit pada amandel dapat berkurang. Jangan biarkan tenggorokan kering, karena akan menyebabkan amandel semakin perih dan sakit

Anda bisa memilih untuk minum air mana saja, karena baik air hangat atau air dingin sama-sama ampuh untuk mengatasi nyeri pada amandel. Sesuaikan saja mana yang lebih nyaman untuk tenggorokan Anda.

3. Istirahat Cukup

Kondisi tubuh juga berpengaruh pada proses penyembuhan saat terjadi radang pada amandel. Pasalnya, kondisi tubuh yang prima akan membuat tubuh memiliki banyak tenaga untuk melawan virus dan bakteri.

Nah, ketika Anda merasakan sakit pada amandel, disarankan untuk banyak beristirahat. Jangan melakukan kegiatan yang melelahkan karena amandel akan semakin meradang. Istirahat cukup dan banyak minum air putih akan membuat kondisi Anda semakin membaik.

4. Minum Air Rebusan Teh dan Jahe

Selanjutnya Anda bisa mecoba mengatasi radang amandel dengan meminum teh hangat yang dipadukan dengan jahe. Selain bisa menghangatkan tubuh, air jahe juga bermanfaat untuk meringankan radang amandel.

Cara menyajikannya cukup mudah, pertama keprek jahe yang sebelumnya sudah dicuci bersih, kemudian rebus di dalam panci yang sudah diisi air dan satu kantong teh celup. Setelah mendidih, saring air rebusannya ke dalam gelas. Jika ingin ada rasa bisa dicampur dengan gula merah.

5. Mengonsumsi Makanan yang Lembut

Anak-anak maupun orang dewasa yang menderita radang amandel biasanya jadi susah makan. Hal ini disebabkan karena ketika makanan masuk ke tenggorokan, amandel akan terasa sakit.

Untuk mengatasinya Anda bisa mencoba mengonsumsi makanan yang lembut dan bisa langsung ditelan, seperti bubur sehat. Hindari makanan yang pedas dan mengandung banyak minyak karena akan membuat amandel semakin meradang.

6. Minum Rebusan Bawang Putih

Meskipun tak semua orang menyukai aroma menyengat dari bawang putih, tapi ada banyak khasiat yang bisa didapat dari tumbuhan yang biasa digunakan sebagai bumbu masak ini. Selain dapat meningkatkan daya tahan tubuh, bawang putih dipercaya bisa mengatasi radang amandel.

Cara menyajikannya sama dengan jahe dan teh di atas, bawang putih direbus dengan air hingga mendidih, setelah itu disaring ke dalam gelas. Biar lebih mudah untuk diminum, Anda bisa mencampurkan madu dan perasan jeruk nipis.

Penyebab Amandel Bengkak

Peran amandel bagi tubuh adalah menyaring virus maupun bakteri berbahaya yang ingin masuk ke tenggorokan saat bernapas atau menelan makanan. Jika kondisi amandel tidak sehat, maka tubuh akan mudah terkena penyakit.

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab amandel bengkak atau meradang, yaitu sebagai berikut:

Artikel Terkait

1. Faktor Genetik

Penyebab amandel bengkak yang pertama adalah karena faktor genetik. Bagi Anda yang memiliki kelainan genetik berpotensi mengalami radang amandel karena tidak memiliki kekebalan tubuh yang kuat untuk melawan virus dan bakteri.

2. Infeksi Virus

Amandel yang terinfeksi oleh virus akan mengalami radang atau pembengkakan yang berakibat buruk untuk kesehatan. Dari banyaknya kasus, orang yang mengalami flu biasanya disebabkan karena virus yang sama pada radang amandel.

3. Infeksi Bakteri

Hal yang paling umum penyebab amandel bengkak adalah terinfeksi oleh bakteri yang bernama streptococcus. Bakteri ini berpotensi menurunkan kekebalan tubuh jika tidak segera diatasi.

4. Biofilm

Gangguang yang terjadi pada amandel bisa disebabkan karena faktor biofilm yang berada pada lipatan amandel. Biofilm adalah mikroorganisme yang menempel dan membentuk sebuah lapsan di atas permukaan tubuh. Faktor biofilm ini biasanya terjadi karena keliru mengonsumsi antibiotik.

Kesimpulan

Melihat peran amandel yang sangat penting untuk menjaga kekebalan tubuh, sudah seharusnya kita memperhatikan kebersihan dan kualitas makanan yang kita konsumsi. Selain itu saat radang amandel melanda, kita diharuskan beristirahat sehingga aktivitas jadi terganggu.

Nah itulah beberapa cara mengobati amandel secara alami tanpa operasi dan penyebab amandel yang sering terjadi pada anak-anak maupun orang dewasa. Semoga dengan penjelasan di atas bisa memberikan manfaat dan pengetahuan baru.


Post a Comment for "6 Cara Mengobati Amandel Secara Alami Tanpa Operasi dan Penyebabnya"