Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Manfaat Jahe dan Serai untuk Kesehatan, Jaga Daya Tahan Tubuh

Kangjepot.com - Jahe dan serai adalah tumbuhan yang biasanya digunakan untuk menambah cita rasa masakan. Namun di balik itu ternyata keduanya juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Diketahui serai dan jahe mengandung senyawa penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

10 Manfaat Jahe dan Serai untuk Kesehatan, Jaga Daya Tahan Tubuh

Perbaduan antara jahe dan seraidipercaya ampuh mengobati berbagai masalah kesehatan. Contohnya meningkatkan dan menjaga kekebalan tubuh dari berbagai macam penyakit. Selain itu masih banyak lagi manfaat jahe dan serai yang harus Anda ketahui.


Seperti yang kita tahu, kekebalan tubuh sangat penting di tengah kondisi seperti sekarang ini. Mengonsumsi vitamin mungkin menjadi pilihan bagi sebagian orang. Namun memanfaatkan jahe dan serai sebagai ‘vitamin’ alami akan jauh lebih baik.

Manfaat Jahe dan Serai

Jahe mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Sementara pada serai atau serai terdapat senyawa citral dan geranial yang bermanfaat untuk menjaga tubuh agar kebal dari virus dan bakteri.

10 Manfaat Jahe dan Serai untuk Kesehatan, Jaga Daya Tahan Tubuh


Selain dinikmati dengan cari diminum, uap yang dihasilkan dari rebusan air jahe dan serai juga dapat dihirup sebagai obat untuk hidung tersumbat dan flu ringan. Bukan hanya itu saja, masih banyak manfaat jahe dan serai untuk kesehatan seperti pada ulasan berikut.

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat serai dan jahe yang pertama adalah melindungi tubuh dari inflamasi, sehingga tubuh jadi lebih kebal terhadap bakteri dan virus penyakit yang ingin menyerang. Dengan meningkatnya daya tahan tubuh otomatis akan membuat kita terhindar dari segala jenis penyakit.

Selain itu air rebusan jahe dan serai akan menghasilkan senyawa yang sifatnya anti-jamur. Kombinasi kedua tanaman herbal ini juga bisa Anda andalkan saat tubuh merasa mual, flu, maupun pilek. Minum air rebusan jahe dan serai secara rutin agar lebih berkhasiat.

Dengan adanya manfaat serai dan jahe untuk diet, bukan berarti Anda tidak perlu berolahraga. Aktivitas lain yang membantu program diet harus tetap dilakukan. Karena pada dasarnya air rebusan jahe dan serai hanya mengontrol nafsu makan.

2. Mengatasi Bau Mulut

Kepercayaan diri seseorang dapat menurun jika terjadi masalah pada bau mulut. Bau mulut biasanya disebabkan karena kurangnya kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan gigi.

Namun terkadang bau mulut dapat terjadi karena faktor lain, seperti pencernaan yang buruk, sariawan, dan usus yang bermasalah. Ketika hal itu terjadi, aroma makanan yang masuk ke lambung akan melekat di mulut. Tentu ini akan menjadi masalah besar jika Anda baru mengonsumsi pete ataupun jengkol.

3. Sebagai Antioksidan

Manfaat jahe dan serai berikutnya adalah membuat tubuh tahan terhadap radikal bebas karena campuran keduanya bersifat antioksidan. Radikal bebas memang merupakan proses alami pada tubuh, namun kalau terlalu berlebihan akan menyebabkan penuaan dini dan penyakit lainnya.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet, tak ada salahnya mengonsumsi air rebusan jahe dan serai secara rutin. Banyak ahli gizi yang mengatakan kalau air rebusan jahe dan serai juga memiliki manfaat untuk membantu menurunkan berat badan.

Ketika kita meminum air rebusan jahe dan serai, metabolisme tubuh akan lancar karena terjadinya proses detoksifikasi atau penurunan kadar racun pada tubuh. Dengan begitu nafsu makan akan lebih terkontrol, sehingga jumlah kalori pada tubuh akan berkurang.

Untuk mengatasi bau mulut, Anda bisa mencoba berkumur-kumur dengan rebusan jahe dan serai yang telah direbus. Lakukan secara rutin agar manfaatnya lebih maksimal.

5. Tidur Jadi Nyenyak

Buat Anda yang sedang bermasalah dengan kualitas tidur, bisa mencoba meminum segelas air jahe dan serai sebelum tidur. Kandungan yang terdapat pada jahe dan aroma serai dipercaya bisa membuat tidur lebih nyenyak.

6. Mengatasi Nyeri Perut

Bila Anda sering merasakan perut nyeri karena naiknya asam lambung, mungkin bisa mencoba minum rebusan air jahe dan serai. Selain itu tambahkan juga kunyit agar efeknya lebih terasa.

Selain itu jika merasakan masalah lain pada perut seperti kram, dan pencernaan yang bermasalah, Anda bisa membiasakan minum ramuan herbal alami dari campuran ketiga tumbuhan tersebut.

7. Mengatasi Masalah Persendian

Banyak yang tidak tahu kalau jahe dan serai bisa menjadi obat alami untuk mengatasi masalah persendian seperti asam urat, dan nyeri sendi. Bila selama ini Anda mengonsumsi obat berbentuk tablet, sebaiknya tinggalkan kebiasaan tersebut dan mulailah beralih ke obat herbal.

Manfaat jahe dan serai selain bisa meningkatkan daya tahan tubuh, masalah kesehatan lain yang berhubungan dengan persendian juga dapat terasi.

8. Mengatasi Mabuk Perjalanan

Sebagian besar orang pasti pernah mengalami mabuk saat dalam perjalanan. Biasanya kita mengatasinya dengan meminum obat cair seperti Tolak Angin ataupun Antimo. Jika ingin beralih ke obat yang lebih alami, Anda bisa mencoba ramuan jahe dan serai untuk mengatasi masalah tersebut.

Sudah ada pembuktian yang mengatakan kalau jahe dan serai memiliki segudang manfaat untuk mengatasi mabuk kendaraan, perut mual, sakit maag, hingga sakit kepala.

Artikel Terkait

9. Mengeluarkan Racun dalam Tubuh

Mengeluarkan racun di dalam tubuh sangat penting untuk mencegah terjadinya masalah kesehatan serius. Salah satu cara mengeluarkan racun dalam tubuh secara alami adalah dengan rutin meminum air rebusan jahe dan serai.

Perpaduan antara sereh dan jahe dipercaya ampuh mengeluarkan bahan-bahan berbahaya terdapat pada makanan yang kita makan. Apalagi buat Anda yang sering mengonsumsi makanan cepat saji dan tidak sehat seperti yang mengandung, pewarna, bahan pengawet, dan MSG berlebih.

10. Meringankan Sakit Tenggorokan

Selain bisa menjaga daya tahan tubuh, air rebusan jahe dan serai bermanfaat untuk meringankan sakit tenggorokan dan melegakan pernapasan. Saat air rebusan diminum kita akan merasakan perasaan yang lebih segar dan enak pada tenggorokan.

Meskipun rasanya sedikit aneh, tapi ada banyak manfaat jahe dan serai yang bisa didapat. Kalau tidak suka, Anda bisa mencampurnya dengan teh, gula merah atau kental manis untuk memberikan sedikit rasa.

Menjaga daya tahan tubuh agar tetap prima adalah kewajiban yang harus dipertahankan oleh setiap individu. Karena jika daya tahan tubuh terjaga, maka kita akan terhindar dari penyakit-penyakit berbahaya.

Nah, itulah penjelasan tentang manfaat jahe dan serai yang bisa didapatkan jika Anda rutin mengonsumsinya. Saat pertama kali mencoba mungkin rasanya aneh atau tidak enak, tapi daripada memilih obat kimia dengan harga mahal, lebih baik memilih obat alami kan?


Post a Comment for "10 Manfaat Jahe dan Serai untuk Kesehatan, Jaga Daya Tahan Tubuh"